Panduan AutoCAD



1. Menjalankan AutoCAD
Cara yang umum digunakan dalam menjalankan AutoCAD yaitu dengan mengklik ganda icon AutoCAD yang ada di menu program.











Untuk membuka lembar kerja baru, klik File→ New, akan terlihat tampilan seperti dibawah ini, kemudian pilih acadiso→ klik open.

         
            Untuk mengcopy gambar di lembar kerja lain ketikkan perintah copyclip pada comment promt kemudian pilih obyek yang akan copy, setelah itu ketikkan perintah pasteclip kemudian enter.  

2. Penginstruksian
Penginstruksian pada AutoCAD ada beberapa cara diantaranya:
  1. Pada command promt melalui keyboard. Untuk melakukan pembatalan, gunakan tombol Esc.
  2. Atau dengan mengklik floating toolbar sesuai dengan symbol dan keterangannya dengan menggunakan mouse.

3. Pengamatan Obyek Gambar
Pengamatan obyek gambar dapat dilakukan mengunakan empat macam sarana yang biasanya sudah terkelompok di dalam toolbar standar, seperti
                                         
  1. (Pan) yaitu untuk menggeser tampilan, dengan menekan tombol kiri mouse sambil menggeser kearah tertentu.
  2. (zoom realtime) yaitu untuk memperbesar atau memperkecil tampilan, dengan menekan tombol kiri mouse sambil menggeser keatas atau ke bawah.
  3. (zoom window) yaitu untuk memperbesar tampilan, dengan cara mengkotaki gambar yang akan diperbesar.
  4. (zoom previous) yaitu untuk mengembalikan ke tampilan sebelumnya.

4. Perlengkapan Gambar

A. Snap
Adalah perintah untuk mengunci gerakan. Instruksi snap ini biasanya bekerja sama dengan instruksi grid saat menggambar obyek yang mempunyai jarak tetap. Tekan tombol F9 pada keyboard untuk mengaktifkannya.
B. Grid
Adalah perintah untuk memunculkan titik-titik koordinat. Perintah ini sangat membantu dalam menentukan titik acuan. Tekan tombol F7 pada keyboard untuk mengaktifkannya.
C. Ortho
Adalah perintah untuk mengunci gerakan kursor. Sehingga gerakannya searah vertical dan horizontal. Dengan instruksi ini kita bisa menarik garis tegak lurus (90 derajat). Untuk mengaktifkan fasilitas ini anda menggunakan tombol F8 pada keyboard.
D. Osnap
Merupakan singkatan dari object snap. Perintah yang digunakan untuk mengunci gerakan kursor pada ujung-ujung perpotangan. Untuk mengaktifkan fasilitas ikon grup osnap yang lain, klik menu ViewToolbars  → Customise Object Snap. Tekan tombol F3 pada keyboard untuk mengaktifkannya. Ada juga beberapa instruksi dari osnap yaitu

ENDpoint 
Fungsi obyek snap ini digunakan untuk menemtukan titik ujung dari obyek garis/busur.

CENter 
Digunakan untuk mendapatkan titik pusat dari suatu lingkaran atau arc.
INTersect 
Digunakan untuk mendapatkan titik potong dari sebuah garis, arc atau lingkaran.
MIDpoint 
Digunakan untuk mendapatkan tengah-tengah sebuah garis atau arc.
NEArest 
Digunakan untuk mendapatkan titik terdekat dari sebuah garis.
NODe 
Digunakan untuk mendapatkan posisi dari sebuah titik bebas.
PERpend 
Digunakan untuk mendapatkan sebuah titik pada obyek gambar yang tegak lurus pada sebuah titik yang telah ditentukan.
QUAdrant 
Digunakan untuk mendapatkan titik quadrant pada sebuah lingkaran atau titik sudut 0, 90, 180, 270.
TANgent 
Digunakan untuk mendapatkan sebuah titik singgung pada lingkaran dari sebuah titik yang telah ditentukan.
EXTension 
Dipakai untuk mencari suatu titik pertemuan disepanjang suatu garis atau busur.
PARallel 
Dipakai untuk membuat segmen garis lurus yang sejajar dengan segmen garis yang sudah ada.
FROM 
Dipakai untuk menentukan titik acuan dari sebuah garis yang terdekat.
Obyek snap setting 
Dipakai Untuk menyeting obyek snap yang letaknya di drafting settings atau ketikkan (ds) pada command promt,sehingga akan muncul


E. Polar
Merupakan perintah yang digunakan untuk menggambar garis-garis panjang yang arahnya dapat dikontrol melalui tooltip yang tampil setiap saat secara otomatis di dekat cross-hairs berada. Untuk mengaktifkannya tekan F10 pada keyboard atau dengan mengklik Tools-Drafting Settings atau dapat juga diketik ds pada command.



1. Metode untuk menggambar 2D
Untuk menggambar 2D terdapat 3 cara metode yang sering digunakan, yaitu:
  1. Metode dengan prinsip Cartesian 2D
Anggap saja titik acuan berada di titik koordinat 40,200 dan titik tujuan berada di titik koordinat 400,60. maka untuk mengetikan perintah pada command promtnya, seperti :
·         Command : line (enter)
·         Specify first point : 40,200 (enter)
·         Specify next point or (Undo) : 400,60 (enter)
  1. Metode dengan prinsip Polar 2D
Anggap saja titik acuan berada di sembarang titik koordinat yaitu dengan menempatkan kursor dan klik. Misalnya:
·         Command : line (enter)
·         Specify first point : 40,200 (enter)
·         Specify next point or (Undo) : @ 200<-50 (enter)
Dimana :
@  untuk menyatakan angka 200 yang ada di depannya adalah jarak pergerakan.
<   untuk menyatakan bahwa angka -50 yang ada di depannya adalah besar sudut dari  
     Sumbu 0. sedangkan tanda minus yang mendahului angka 50 tersebut menunjukan
     Bahwa perputaran sudut searah jarum jam.  
  1. Metode dengan prinsip Relatif 2D
Anggap saja titik acuan berada di sembarang titik koordinat sedangkan pergerakan titik tujuan, searah sumbu X sejauh ∆x dan searah sumbu Y sejauh ∆y. misalkan ∆x = 200 dan ∆y = 150, maka
·         Command : line (enter)
·         Specify first point : 40,200 (enter)
·         Specify next point or (undo) : @200,-150 (enter)

2. Instruksi Pada Gambar 2D

Line
Merupakan perintah membuat garis. Untuk penginstruksian pada command promt ketikkan (line).
Construktion Line
Merupakan garis-garis pembantu agar memudahkan kita dalam menggambar obyek yang sejajar dan lurus. Ketikkan  (xline) untuk mengaktifkannya.
Rectangle
Perintah yang digunakan untuk membuat segi empat.  Untuk penginstruksian pada command promt ketikkan (rec).
Circle
Perintah yang digunakan untuk membuat lingkaran. Untuk penginstruksian pada command promt ketikkan (circle), selanjutnya akan muncul menu sambung diantaranya:
  • Center radius
Pada menu ini anda harus menentukan titik pusatnya dan mengisi besarnya radius/jari-jari dari lingkaran tersebut.
  • Center diameter
Anda diharuskan menentukan titik pusatnya dan mengisi besarnya diameter dari lingkaran tersebut.
  • 2 Point 
Menu ini digunakan untuk menggambar lingkaran yang dilewati oleh dua titik.
  • 3 Point
Pada menu ini anda diharuskan menentukan tiga titik yang dilewati oleh lingkaran tersebut.
  • Tan, Tan, Rad
Menu ini digunakan jika diketahui lingkaran tersebut menyinggung 2 obyek dengan radius yang telah ditentukan.
  • Tan, Tan, Tan.
Hampir sama dengan tan, tan, rad tetapi menu digunakan jika diketahui lingkaran tersebut meyinggung 3 obyek. 
Arch
Perintah yang digunakan untuk membuat busur/lengkung. Untuk penginstruksian pada command promt ketikkan (arc).
Ellipse
Perintah yang digunakan untuk membuat elip. Untuk penginstruksian pada command promt ketikkan (ellipse).
Polygon
Perintah yang digunakan untuk gambar segi banyak beraturan. Untuk penginstruksian pada command promt ketikkan (polygon).
Polyline
Perintah yang digunakan untuk menggambar garis lurus dan lengkung tanpa terputus. Untuk penginstruksian pada command promt ketikkan (pline).
M text
Perintah yang digunakan untuk memberikan keterangan pada gambar berupa tulisan. Untuk penginstruksian pada command promt ketikkan (mtext), dan akan muncul kotak dialog sehingga kita dapat menentukan jenis huruf dan ukuran huruf yang kita gunakan.
Region
            Perintah yang digunakan untuk membatasi area kerja. Perintah ini sangat membantu bila digunakan untuk memberi arsiran pada gambar.

Hatch
Perintah yang digunakan untuk memberikan arsiran pada suatu bidang. Untuk penginstruksian pada command promt ketikkan (hatch) dan akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini

Erase 
Perintah yang digunakan untuk menghapus. Untuk penginstruksian pada command promt ketikkan (erase).
Copy  
Perintah yang digunakan untuk memperbanyak suatu benda. Untuk penginstruksian pada command promt ketikkan (copy).
Mirror 
Perintah yang digunakan untuk mencerminkan suatu benda. Untuk penginstruksian pada command promt ketikkan (mirror).
Offset 
Perintah memodifikasi untuk menciptakan sebuah obyek gambar yang sejajar dan menyerupai obyek aslinya dengan mengatur jarak tertentu.

Break 
Perintah break digunakan untuk memutuskan atau menghapus bagian yang terletak diantara dua titik yang dipilih. 
Skala 
Perintah yang digunakan untuk merubah ukuran suatu obyek.
Fillet 
Perintah yang digunakan untuk melengkungkan dua garis yang berpotongan atau untuk melengkungkan ujung suatu polygon.

Array 
Perintah yang digunakan untuk memperbanyak suatu obyek secara teratur. Untuk penginstruksian pada command promt ketikkan (array). Setelah itu akan muncul kotak dialog array seperti yang terlihat dibawah ini.

Pada kotak dialog  pilihan yaitu:
  • Rectangular array
Merupakan perintah yang dipergunakan untuk memperbanyak suatu obyek secara vertical atau horizontal. Anda harus mengisi jumlah baris dan kolom serta jarak baris dan kolom.
  • Polar array
Perintah yang digunakan untuk memperbanyak suatu obyek yang mengelilingi obyek lain anda harus mengisi jumlah obyek serta sudut putarnya.
Explode 
Perintah yang digunakan untuk memecah sifat polyline tertutup menjadi garis. Ketikkan explode pada command promt untuk mengaktifkan perintah ini.
Extend
Perintah untuk memperpanjang obyek garis ke suatu obyek lain.
Trim
Perintah yang digunakan untuk menghapus sebagian obyek dengan batas-batas obyek lain yang berpotongan, seperti contah dibawah ini

Stretch 
Perintah yang digunakan untuk memperpanjang obyek polyline tertutup ketikkan (stretch) untuk mengaktifkannya.
Edit Polyline
Digunakan untuk menggabungkan kembali polyline yang terpecah. Untuk mengaktifkannya ketikkan (pedit) pada command promt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar